Skip to main content

Bakamla RI Serah Terimakan 2 Tangkapan Kapal ke KSOP Pangkal Balam

Unit Penindakan Hukum (UPH) Bakamla RI melakukan serah terima dua kapal yang merupakan hasil tangkapan Satgas Penegakkan Hukum (Gakkum) Bakamla RI, beberapa waktu lalu.

Kapal yang ditangkap merupakan jenis kapal isap produksi (KIP). Kedua KIP dengan nama lambung berinisial JB dan SLT, berhasil ditangkap Satgas Gakkum Bakamla RI pada Kamis (13/8) lalu. Saat melakukan patroli di Perairan Air Kantung, Sungailiat, Bangka, Satgas yang menggunakan unsur Catamaran 501 melakukan pemeriksaan terhadap kedua kapal, dan menemukan bahwa ada kejanggalan.

Dari pemeriksaan awal, ditemukan bahwa nakhoda dari KIP JB dan KIP SLT tidak ada di atas kapal. Selain itu, terdapat 3 orang anak buah kapal (ABK) warga negara Thailand yang tidak masuk ke dalam crew list. Untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut, dokumen KIP JB dan KIP SLT diamankan ke Kantor Stasiun Bumi Bakamla RI di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Selanjutnya, kedua KIP beserta dokumen diserah terimakan ke KSOP Pangkal Balam. Kedua kapal KIP tersebut diduga melanggar Pasal 138 dan Pasal 312 Jo Pasal 145 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran.

Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla