Skip to main content

Bakamla RI Kembali Amankan Kapal Angkut BBM Ilegal

Perairan Barelang – Batam, 14 Agustus 2020 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) — Satgassus Bakamla RI/Indonesia Coast Guard (IDNCG) kembali berhasil mengamankan kapal yang diduga telah mengangkut BBM ilegal. Menggunakan unsur RHIB-610, Satgassus berhasil mengamankan KM. LP di Perairan Barelang, Batam. Hingga berita ini diturunkan, berkas perkara telah diserahkan kepada Polairud Polda Kepri, Jumat (14/8/2020).

Kejadian berawal dari patroli rutin Satgassus Bakamla RI yang direncanakan di seputar area Perairan Barelang. Di tengah-tengah patroli, terdapat sebuah kapal yang mencurigakan. Tak lama kemudian, personel Satgassus menghentikan kapal dan melakukan pemeriksaan.

Dari pemeriksaan awal, kapal tersebut tidak memiliki dokumen muatan atas kurang lebih 7.000 liter high speed diesel (HSD) yang dibawanya. Selain itu, kapal tersebut berlayar tanpa dokumen yang sah, dan tidak dilengkapi tanda selar.

Selanjutnya, kapal tersebut ditarik dan diamankan untuk dilakukan proses lebih lanjut. Dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh KM. LP yaitu Pasal 53 huruf b UU No.22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas dan Pasal 322 Undang-Undang No 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran.

Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla