Skip to main content

Bakamla kerahkan KN Pulau Nipah-321 untuk operasi pengamanan maritim Indonesia

Badan Keamanan Laut (Bakamla) mengerahkan KN Pulau Nipah-321 dalam rangka melakukan Operasi Cegah Tangkal 2020. Kepala Bakamla Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan tujuan utama operasi ini adalah menjamin keamanan laut di wilayah prioritas tiap-tiap zona maritim.

Selain itu, sasaran operasi cegah tangkal ini adalah memastikan jalannya penegakkan hukum di laut pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Menurut dia, banyak terdapat pihak yang memanfaatkan kondisi pandemi ini untuk melakukan tindak kejahatan di laut. Operasi tersebut dilakukan dalam tiga tahap sesuai dengan wilayah zonasi maritim Bakamla.

“Tahap pertama, operasi penegakkan hukum akan digelar di zona maritim barat, sekaligus melaksanakan distribusi bantuan sosial dan alat kesehatan ke desa-desa terpencil di wilayah Natuna dan sekitarnya,” kata Aan Kurnia dalam pernyataan persnya, Jumat.

Untuk tahap selanjutnya jelas dia, wilayah operasi dan kegiatan bakti sosial akan dilakukan di zona maritim tengah dan timur, serta beberapa pulau terpencil yang ada di wilayah tersebut. Laksdya Aan Kurnia juga menyempatkan diri untuk melakukan pemeriksaan di KN. Pulau Nipah – 321. Dalam inspeksi tersebut, disampaikan pula arahan-arahan terkait pelaksanaan operasi.

Dia menekankan kepada para komandan dan awak kapal yang akan bertugas meningkatkan kewaspadaan maritim untuk antisipasi dinamika dan ancaman di laut, serta senantiasa menjaga diri dan rekan dari resiko penularan Covid-19.