Skip to main content

Kapal Bos Muda Terbalik Dihantam Ombak, 8 Orang Pemancing Terapung di Perairan Pulau Damar Kecil

JAKARTA – cuaca buruk yang terjadi di perairan Kepulauan Seribu membawa duka bagi kalangan pemancing.

Kapal motor bernama Bos Muda yang dinahkodai Sarjono itu terhempas ombak yang disertai angin kencang hingga terbalik dan karam.

Kabar duka itu disampaikan Kepala Sektor 8 Kepulauan Seribu Selatan, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Eko Mahendro. https://www.youtube.com/embed/1Twq7yUjeCo

Disampaikannya, berdasarkan informasi yang terhimpun Markas Marunda yang menerima laporan dari Ketua Nelayan Marunda Kubil, kecelakaan laut itu terjadi pada Minggu (20/9/2020) sekira pukul 10.00 WIB.

Awalnya, Kapten Sarjono yang membawa delapan orang pemancing, yakni Ahmad Soleh, Soleh, Sukatna, Okip Soijo, Sutomo, Suhandi, Heru dan Asmani itu berangkat dari Marunda pada Sabtu (19/9/2020) pukul 21.00 menuju perairan Pulau Damar Kecil.

“Kemudian hari Minggu tanggal 20 September 2020 pukul 10.00 WIB perahu tersebut diterjang ombak dan angin kencang, sehingga mengakibatkan perahu terbalik dan semua penumpang jatuh ke laut,” ungkapnya dihubungi pada Senin (21/9/2020).

Beruntung, Kapten Taman yang mengendarai kapal motor bernama Melati melintas sekira 15 menit setelah kejadian.

Taman kemudian segera menolong empat orang pemancing yaitu, Sukatna, Soleh, Heru dan Asmani.

Lantaran kapal penuh, empat pemancing lainnya dan kapten kapal motor Bos Muda diminta untuk menunggu.

Evakuasi selanjutnya dilakukan oleh dua perahu kresek milik Ato dan Manggai pada pukul 14.00 WIB.

Ato diungkapkannya, membawa tiga orang pemancing, yaitu Sutomo, Sarjono dan Andi, sedangkan Manggai membawa Ahmad dan Okip.

Terkait hal tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan kapal patroli untuk melakukan pencarian korban ke laut dengan menggunakan KP. VII – 2008 yang dinahkodai Aiptu Noto.

Selanjutnya, menginformasikan kepada para nelayan pancing Kali Kresek dan Kali Baru serta ke binmas markas Cilincing sekaligus mendata korban.

“Korban sembilan orang ditemukan selamat, tapi perahu masih dalam pencarian,” jelasnya.

https://wartakota.tribunnews.com/2020/09/21/kapal-bos-muda-terbalik-dihantam-ombak-8-orang-pemancing-terapung-di-perairan-pulau-damar-kecil