Skip to main content

Bakamla RI Tangkap 3 KIA Asal Malaysia Pencuri Ikan di Selat Malaka

Bakamla RI berhasil tangkap tiga kapal ikan asing asal Malaysia yang diduga mencuri ikan di Selat Malaka, Rabu (30/12/2020). Penangkapan ini berawal saat KN Bintang Laut-401 Bakamla RI melakukan patroli operasi keamanan dan keselamatan laut dalam negeri (Opskamlamla XII). Dari sana KN Bintang Laut–401 Bakamla RI mendapati kontak mencurigakan berdasarkan hasil pantauan radar yang menunjukkan aktivitas kapal yang tidak biasa. KN Bintang Laut-401 Bakamla RI yang dikomandani Letkol Bakamla Margono melakukan pendekatan dan akhirnya mengetahui adanya kapal ikan dari Malaysia yang sedang melakukan penangkapan ikan ilegal dan kedapatan sedang menarik jaring. Bahkan, saat didekati kapal tersebut berusaha melarikan diri dengan memutus jaring ikannya, tetapi bisa dihentikan pihak KN Bintang Laut-401 Bakamla RI. Tidak hanya satu kapal, KN Bintang Laut-401 berhasil menangkap tiga KIA asal Malaysia (KIA SLFA 5177, KIA SLFA 5227 dan KIA PKFB 1845), sekaligus dengan barang bukti kurang lebih tiga ton ikan campuran.

Saat ini, seluruh ABK dari ketiga kapal ikan asal Malaysia tersebut masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk mengantisipasi pelanggaran lain yang mungkin dilakukan, misalnya penyelundupan narkoba yang sering terjadi di Selat Malaka. Ketiga KIA (kapal ikan asing) asal Malaysia ini akan dibawa ke Belawan Medan untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

Sumber : https://www.liputan6.com/bisnis/read/4450143/terciduk-curi-ikan-di-perairan-indonesia-3-kapal-malaysia-ditangkap