news

Kapal yang Angkut Imigran Terbalik di Perairan Yunani, 1 Tewas dan 65 Hilang

3 Nov 2022

Satu orang tewas dan 65 orang hilang setelah dua kapal yang mengangkut imigran terbalik di Yunani. Dikutip dari AFP, hal ini disampaikan penjaga pantai, Selasa (1/11), dengan tim penyelamat menghadapi kondisi badai.

 

Petugas menemukan satu mayat pada sore hari di lepas pantai Pulau Samos, Yunani. Menurut pernyataan empat orang yang selamat, salah satu kapal yang terbalik berisi 12 orang.

 

Mayat itu ditemukan oleh kapal penjaga pantai Turki yang berlayar di sana dan secara ilegal memasuki "perairan Yunani".

 

Polisi Pelabuhan Yunani mengatakan, kapal Turki "berusaha merusak kapal patroli Yunani" dan "menghalangi" pekerjaan penjaga pantai Yunani dan kapal Badan Perbatasan Eropa Italia (Frontex) yang berpartisipasi dalam operasi pencarian dan penyelamatan orang hilang di sana.

 

Awalnya, penjaga pantai Yunani menemukan sembilan orang yang merupakan warga negara Afghanistan, Mesir, dan Iran di pulau terdekat. Kemudian pada Selasa malam, seorang pria lain ditemukan selamat dari pulau itu, sehingga jumlah yang selamat menjadi 10.

 

Pencarian 58 orang yang diduga hilang akan dilanjutkan pada Rabu (2/11) dini hari. Yunani, Italia, dan Spanyol adalah negara tujuan bagi mereka yang melarikan diri dari Afrika dan Timur Tengah untuk mencari keselamatan dan kehidupan yang lebih baik di Uni Eropa.

 

 

Sumber : Kumparan


Arsip Berita