news

Kapal Tanker Norwegia Strinda Dihantam Rudal di Laut Merah

13 Dec 2023

Sebuah kapal tanker produk minyak dan kimia berbendera Norwegia, Strinda (IMO 9330771), dilaporkan dihantam rudal yang diluncurkan dari Yaman sekitar tengah malam waktu setempat pada Selasa pagi, 12 Desember 2023.

 

Kapal tanker dengan kapasitas 19.959 dwt, yang memuat muatan minyak nabati dan bahan bakar nabati, berada sekitar 60 mil laut di utara Selat Bab al-Mandeb ketika rudal tersebut, yang diduga merupakan Anti-Ship Cruise Missile (ASCM), menghantam kapal dan mengakibatkan kebakaran.

 

Awak kapal yang berjumlah 22 orang, semuanya berkewarganegaraan India, berhasil memadamkan api. Tidak korban jiwa. Namun kapal tanker tersebut mengalami beberapa kerusakan.

 

Strinda merupakan bagian dari armada kapal tanker yang dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan pelayaran yang berbasis di Bergen, Mowinckel Rederi. Kapal tersebut sedang dalam perjalanan dari Malaysia menuju Italia.

 

Serangan tersebut adalah yang terbaru dari serangkaian serangan rudal dan drone terhadap kapal-kapal yang melewati selat tersebut dan semuanya berasal dari bagian Yaman yang dikuasai milisi Houthi.

 

Juru bicara Houthi, Brigadir Jenderal Yahya Saree, tidak segera mengakui serangan rudal tersebut tetapi kemudian mengkonfirmasi laporan tersebut.

 

Juru bicara Houthi mengatakan MT Strinda mengirimkan minyak ke Israel, namun pemilik kapal mengatakan kapal tersebut menuju ke Italia dengan bahan baku biofuel.

 

Kapal perusak AS USS Mason menanggapi permintaan bantuan dari kapal tanker tersebut.

 

Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO), yang memberikan peringatan keamanan pada kapal, melaporkan kebakaran di kapal tak dikenal sekitar 15 mil laut (28 km) dari pelabuhan Mokha di Yaman.

 

Tidak ada hubungan yang jelas antara kapal tanker Strinda atau kepemiliknya dengan Israel.

 

sumber: www.defenceweb.co.za/sea/sea-sea/norwegian-tanker-strinda-struck-by-missile-in-red-sea/


Arsip Berita