news

Kapal Kargo RUEN Dibajak di Perairan Somalia

19 Dec 2023

Sebuah kapal komersial yang dibajak oleh penyerang tak dikenal masih berada di lepas pantai Somalia, meningkatkan kekhawatiran akan ketidakstabilan lebih lanjut bagi pelayaran global di tengah meningkatnya serangan di Laut Merah.

 

Sebuah kapal angkatan laut Spanyol dikirim dengan kecepatan penuh pada hari 15 Desember menuju kapal RUEN berbendera Malta, yang menurut laporan telah dibajak.

 

Perusahaan keamanan maritim Inggris, Ambrey, mengatakan kapal tersebut berada 9 mil lepas pantai Bander Murcaayo di Puntland, Somalia pada 17 Desember.

 

“Kejadian ini mungkin merupakan pembajakan kapal dagang pertama yang dilakukan oleh perompak Somalia sejak ARIS 13 pada tahun 2017. Ambrey menilai peristiwa tersebut kemungkinan besar merupakan salah satu konsekuensi dari ketidakstabilan politik di Puntland,” kata Ambrey.

 

“Dinilai ada kemungkinan risiko kriminal dan oportunis.”

 

Angkatan Laut Uni Eropa EUNAVFOR menyatakan bahwa insiden tersebut masih berlangsung dan pihaknya “bekerja sama erat dengan otoritas lokal Somalia”, dan menambahkan bahwa mereka “mengkoordinasikan upaya untuk tindak lanjut yang komprehensif dan berbagi informasi”.

 

Kapal RUEN terdeteksi terakhir di perairan Somalia pada Selasa, 19 Desember 2023, pukul 13.30 waktu setempat.

 

Pengelola kapal Navigation Maritime Bulgare yang berbasis di Bulgaria tidak segera menanggapi permintaan komentar.

 

Laporan pembajakan di Somalia terjadi di tengah gencarnya serangan terhadap kapal komersil di Laut Merah dan memicu perusahaan pelayaran besar untuk menghentikan pelayaran melalui perairan strategis tersebut. 

 

Pemerintah Amerika Serikat pada 18 Desember 2023 merespon dengan meluncurkan Operasi "Prosperity Guardian" untuk mencegah serangan yang diklaim dilancarkan oleh milisi Houthi di Yaman.

 

Sumber: gcaptain.com/hijacked-bulk-carrier-ruen-arrives-off-somalia/


Arsip Berita