news

Bal Berisi Kokain Terdampar di Pantai New South Wales

2 Jan 2024

Pihak berwenang di Australia sedang menyelidiki sumber kokain yang terdampar di pantai New South Wales (NSW) pada akhir Desember 2023.

 

Kepolisian NSW mengumumkan bahwa dalam kurun waktu tujuh hari, beberapa paket kokain terdampar di pantai utara provinsi tersebut. Penemuan pertama terjadi pada 22 Desember di Pantai Magenta. Saat itu, seorang warga menemukan paket mencurigakan yang terdampar di pantai. Setelah diperiksa, ditemukan 39 paket yang diduga berisi sekitar 39 kilogram kokain.

 

Warga menemukan tujuh paket yang dibungkus satuan yang diyakini berisi tujuh kilogram kokain. Secara terpisah, seorang nelayan menemukan sebuah tong biru berisi 39 batu bata seberat satu kilo yang dibungkus satu per satu. Dalam penemuan lainnya, warga menemukan paket mencurigakan berisi sekitar 39 paket yang disegel secara satuan yang diyakini berisi sekitar 39 kilogram kokain.

 

Meskipun sumber barang mencurigakan tersebut masih menjadi misteri, State Crime Command telah melakukan penyelidikan setelah polisi melakukan penyelidikan awal. Paket yang disita akan menjalani pemeriksaan forensik lebih lanjut.

 

PolAir dan Marine Area Command, serta Australian Border Force dan Surf Life Saving NSW juga telah diikutsertakan dalam penyelidikan, agar paket-paket yang mencurigakan dapat segera disita dan diselidiki asal-usulnya.

 

Kepolisian NSW menduga paket-paket tersebut mungkin secara diam-diam menempel pada lambung kapal kargo dan kemudian terkoyak oleh badai. Kombinasi pola cuaca yang dihasilkan oleh Topan Jasper kemungkinan membawa paket tersebut ke bibir pantai. Beberapa paket ditumbuhi teritip, sehingga memunculkan dugaan bahwa paket tersebut telah lama berada di dalam laut.

 

“Detektif dan polisi spesialis saat ini menyisir pantai dan garis pantai untuk mencari paket yang belum terselesaikan dan bekerja di belakang layar untuk memastikan kami menemukan dan meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab,” kata Kepala Detektif Inspektur Jason Weinstein, Direktur State Crime Command.

 

Penemuan obat-obatan terlarang yang terdampar di pantai terjadi ketika NSW menyaksikan peningkatan penyitaan narkotika yang belum pernah terjadi sebelumnya. Seminggu sebelumnya, detektif Satuan Perampokan dan Kejahatan Serius di Kepolisian NSW mendakwa lima pria atas dugaan upaya penculikan yang menghasilkan penemuan 722 kilogram kokain dengan perkiraan nilai jual lebih dari US$680 juta.

 

sumber: https://maritime-executive.com/article/bales-of-cocaine-wash-ashore-in-new-south-wales


Arsip Berita