news

Kru Kapal Diculik dalam Pembajakan Tanker di Teluk Guinea

3 Jan 2024

Sedikitnya dua ABK telah diculik dari sebuah kapal tanker yang beroperasi di wilayah Teluk Guinea. Laporan yang belum terkonfirmasi menyatakan bahwa kapten kapal merupakan salah satu dari dua orang yang diculik di wilayah dekat Guinea Khatulistiwa.

 

Laporan tersebut berasal dari EOS Group dan layanan swasta pemantauan gabungan Inggris-Prancis, Maritime Domain Awareness for Trade Gulf of Guinea (MDAT GoG). Sebelumnya, pada awal Desember 2023, seorang nelayan tewas dalam serangan terhadap kapal penangkap ikan di lepas pantai Nigeria di mana para perompak juga mengambil mesin dan peralatan penangkapan ikan. Pada November, beberapa material juga dicuri dari kapal pemasok ketika sedang berlabuh di lepas pantai Angola.

 

Dalam insiden terbaru, kapal tanker kimia Hana I (13.000 dwt) yang terdaftar di Tuvalu sedang berlayar dari Abidjan di Pantai Gading ke Douala di Kamerun. Kapal tanker tersebut dilaporkan berada di sekitar Malabo, di pulau Bioko, kota pelabuhan dan ibu kota Guinea Khatulistiwa, pada tanggal 1 Januari, ketika kapal tersebut dinaiki oleh perompak yang jumlahnya tidak diketahui. EOS dalam peringatannya mengatakan informasi awal adalah bahwa dua awak kapal telah diambil.

 

Basis data Equasis melaporkan kapal yang dibangun pada tahun 2007 itu dimiliki dan dikelola oleh perusahaan Singapura. Kapal ini telah beroperasi sebagai Hana I untuk Raffles Shipmanagement sejak 2019 dengan data AIS terbaru menunjukkan kapal tersebut beroperasi di sekitar Pantai Gading.

 

Sinyal AIS saat ini melaporkan kapal tersebut kini telah tiba di Douala, Kamerun. Belum diketahui bantuan apa yang mungkin diterima kapal tersebut dari otoritas setempat.

 

sumber: https://maritime-executive.com/article/crew-kidnapped-from-tanker-in-ongoing-incident-in-the-gulf-of-guinea


Arsip Berita