news

36 Nelayan Asal NTT dan Sultra Dipulangkan Pemerintah Australia

10 Jan 2024

Sebanyak 36 nelayan asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Tenggara dipulangkan pemerintah Australia menggunakan kapal Australian Border Force (ABF).

 

Pada Selasa 9 Januari 2024, kapal ABF Cape Byron pengangkut 36 nelayan tiba dan bersandar di dermaga Multipurpose Pelabuhan Tenau Kupang sekira pukul 08.15 WITA.

 

Kapal ini membawa 36 nelayan Indonesia yang sebelumnya ditangkap oleh kapal ABF pada tanggal 30-31 Desember 2023 di Laut Australia.

 

Pejabat Pemerintah Indonesia yang hadir untuk menjemput di Pelabuhan Tenau melibatkan beberapa instansi, antara lain; Kepala Kantor SPKKL Bakamla Kupang Yeanry M. Olang, Dir Polairud Polda NTT Kombes Pol Irwan Devi Nasution, Dir Reskrimum Polda NTT Kombes Pol Patar Silalahi, General Manager Pelindo Tenau Kupang, Zanuar Eka Wijaya.

 

Hadir juga kepala KSOP Kupang Simon Baun, kepala kantor Imigrasi Kupang Christian Pena, kepala Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kupang, Umar Fahmi, Kadisal Lantamal VII, Letkol Laut (P) Suyanto dan Kepala Urusan Umum PSDKP Adi Chandra.

 

Proses penyambutan dimulai ketika kapal ABFC Cape Byron bersandar di pelabuhan Tenau Kupang dan diterima oleh Kepala Bakamla Kupang Yeanry M. Olang, S. Kom, MM.

 

Kemudian tim gabungan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan, Imigrasi, Bea Cukai, dan KSOP melakukan pemeriksaan terhadap 36 Nelayan Indonesia yang dipulangkan itu.

 

Setelah pemeriksaan kesehatan, 36 nelayan yang diamankan oleh pihak Australia itu diserahkan oleh ABF ke PSDKP Kupang.

 

Selanjutnya, 36 nelayan itu dibawa ke Kantor Stasiun PSDKP Kupang untuk diserahterimakan ke DKP Provinsi NTT. 

 

Sebelumnya, ke-36 nelayan Indonesia berasal dari 4 Kapal yang ditangkap oleh ABF pada tanggal 30 dan 31 Desember 2023 yakni berasal dari Provinsi NTT dan Sulawesi Tenggara. 

 

Keempat Kapal milik Nelayan Indonesia yang diamankan oleh pihak Australia tersebut, selanjutnya dimusnahkan oleh Pemerintah Australia dan Kapal ABFC Cape Byron dijadwalkan kembali ke Darwin pada pukul 14.00 WITA setelah proses pemulangan dan serah terima nelayan selesai.

 

sumber: flores.tribunnews.com/2024/01/09/36-nelayan-asal-ntt-dan-sulawesi-tenggara-dipulangkan-pemerintah-austalia?page=all

 


Arsip Berita