news

Penyelamatan 60 Migran di Laut Siprus

26 Jan 2024

Sekitar 60 orang dari Suriah diselamatkan dari sebuah kapal kecil oleh Penjaga Pantai Siprus pada Rabu 24 Januari 2024 setelah kapal mereka hanyut berhari-hari di perairan Siprus. 

 

Satu dari lima anak yang dievakuasi dari perahu tersebut meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit. 

 

Menurut keterangan resmi, para korban diduga kehabisan makanan dan mengalami masalah mesin dalam perjalanan 6 hari dari Lebanon. 

 

Anak yang meninggal menderita serangan jantung dan tidak dapat dihidupkan kembali. Dua anak lainnya berada di ICU dan dua lagi dirawat di rumah sakit. 

 

Dua orang dewasa juga dirawat di rumah sakit karena patah kaki. Warga Suriah yang tersisa dipindahkan ke pusat penerimaan migran di pinggiran ibu kota.

 

Seorang pria berusia 47 tahun ditahan selama delapan hari karena dicurigai mengemudikan perahu dan menjadi anggota jaringan penyelundupan yang mengatur perjalanan tersebut. Dia juga menghadapi tuduhan pembunuhan sehubungan dengan kematian dalam kasus ini.

 

Menurut polisi, kapal tersebut meninggalkan Lebanon dengan bahan bakar yang tidak mencukupi dan tidak memiliki GPS atau bantuan navigasi lainnya.

 

Polisi mendapatkan informasi tentang kapal migran tersebut oleh kapal yang melintas dan menemukan para migran sekitar 55 km dari ujung tenggara negara kepulauan tersebut.

 

Pihak berwenang mengatakan kapal tersebut berangkat dari Lebanon pada 18 Januari. Pantai Lebanon berjarak sekitar 168 km dari Siprus.

 

sumber: abcnews.go.com/International/wireStory/child-dies-after-rescued-59-syrian-migrants-boat-106664247


Arsip Berita