news

Penjaga Pantai Yunani Selamatkan 57 Migran di Laut

1 Feb 2024

Pihak berwenang Yunani berhasil menyelamatkan 57 migran dan menemukan dua jenazah di pantai berbatu di pantai timur laut Lesvos di Laut Aegea timur pada Selasa, 30 Januari 2023. Satu orang dilaporkan masih hilang.

 

 

Operasi pencarian dan penyelamatan diluncurkan setelah kapal patroli dari badan perbatasan Uni Eropa Frontex mendeteksi sebuah kapal migran yang membutuhkan pertolongan di lepas pantai Lesvos pada Senin malam. Karena kondisi cuaca buruk, mereka tidak dapat mendekati kapal.

 

Kedua jenazah tersebut, seorang pria dan seorang wanita, dibawa ke Rumah Sakit Umum Mytilene, ibu kota pulau itu, untuk pemeriksaan forensik. Para migran yang diselamatkan dipindahkan ke fasilitas migran di Kara Tepe.

 

Menurut korban selamat, satu penumpang masih hilang. Korban yang hilang melompat ke laut setelah kapal bertabrakan dengan batu di dekat pantai. Pencarian untuk menemukan korban hilang masih berlangsung.

 

Yunani mengalami krisis migran pada tahun 2015 ketika lebih dari 1 juta orang, terutama pengungsi Suriah, menyeberang dari Turki ke negara Eropa melalui jalur laut. Meskipun arus migran menurun secara signifikan setelahnya, arus migran kembali meningkat pada tahun ini.

 

sumber: www.ekathimerini.com/news/1230489/lesvos-57-migrants-found-2-bodies-recovered-one-person-missing/


Arsip Berita