news

Kapal Terbalik Sebabkan Tumpahan Minyak di Lepas Pantai Tobago

12 Feb 2024

Sebuah kapal misterius kandas dan terbalik di perairan Trinidad dan Tobago dan menyebabkan tumpahan minyak dan luas di pantai Kepulauan Karibia tersebut.

 

 

Pemerintah telah mengklasifikasikan kejadian tersebut sebagai bencana Tingkat II, dan Badan Manajemen Darurat Tobago, Otoritas Pengelolaan Lingkungan Hidup, dan lembaga pemerintah bekerja sama untuk mengatasinya. Mereka telah memasang tiang pelindung, dan upaya untuk menahan tumpahan terus berlanjut hingga larut malam.

 

Insiden terjadi pada Rabu, 7 Februari 2024, saat pihak berwenang mendapat kabar adanya kapal terbalik. Tidak ada panggilan darurat yang diterima, dan tim pencari tidak dapat menemukan satu pun anggota kru. Mereka melihat minyak mulai mencapai bibir pantai.

 

Penyelam memeriksa kapal tersebut dan melaporkan identitas visualnya sebagai GULFSTREAM. Namun, mereka tidak dapat mengambil nomor registrasi yang tertera di buritan karena terhalang minyak. Selain itu, nama kapal yang terlihat tidak sesuai dengan registrasi kapal internasional mana pun.

 

Menurut perkiraan, kapal itu memiliki panjang 100 m dan membawa pasir dan kayu. Terumbu karang di dekatnya juga dilaporkan rusak, dan sebagian struktur atas kapal menghilang. Rencana untuk mencari puing-puing sedang dilakukan di tengah spekulasi bahwa puing-puing tersebut mungkin dibiarkan mengapung.

 

Kapal diduga hanyut ke teluk dari selatan. Beberapa mengatakan bahwa kapal sudah terlihat sejak hari Selasa.

 

Warga ramai-ramai membantu pembersihan, dan para pejabat telah meminta masyarakat untuk menghindari Tobago barat daya. Saat ini, kekhawatiran terbesar adalah kerusakan ekosistem laut di wilayah terdampak tumpahan minyak.

 

sumber: www.marineinsight.com/shipping-news/mysterious-ship-capsizes-leading-to-massive-oil-spill-off-tobago-coast/


Arsip Berita