news

3 ABK Diselamatkan dari Penyekapan di Laut Yunani

13 Feb 2024

Pada Sabtu, 10 Februari 2024, tiga orang ABK diselamatkan oleh Penjaga Pantai Yunani dari sebuah kapal tanker setelah diculik di dekat pulau Chios di Yunani. 

 

Menurut Penjaga Pantai, pada 10 Februari pagi, otoritas pelabuhan Chios menerima laporan penyekapan WN Yunani di kapal tanker berbendera Palau. Kapal berada 3.7 nautical mil barat Chios, berangkat dari Turki dengan tujuan Mesir, dan memiliki total 15 ABK. 

 

Kapal tersebut rencananya akan dijual. Sesuai prosedur yang berlaku, pihak pembeli biasanya mengirim pegawainya untuk mengecek kondisi kapal. Dalam kasus ini, tiga orang, yaitu navigator and 2 kepala kamar mesin, menaiki kapal untuk pengecekan. 

 

Kabarnya, kapten kapal mendaftarkan tiga orang dari pihak pembeli tanpa persetujuan mereka. Kapten mengklaim kapal tersebut akan berlabuh di lokasi terdekat, namun malah berlayar ke Mesir.

 

Sebuah kapal patroli Penjaga Pantai Yunani mendekati daerah tersebut, menginstruksikan kapal tanker tersebut untuk mengubah arahnya menuju pelabuhan Chios, berdasarkan arahan dari Jaksa Chios.

 

Setibanya kapal tanker di pelabuhan, personel keamanan dan Unit Misi Khusus Otoritas Pelabuhan Chios menaiki kapal untuk melakukan inspeksi, namun hasil nihil. Selain itu, dua penumpang asing lainnya di dalamnya dilaporkan menjadi korban penculikan.

 

Kapten kapal tanker ditangkap karena melanggar Pasal 322 KUHP terkait “Penculikan”, sedangkan penyelidikan sedang dilakukan oleh Otoritas Pelabuhan Pusat Chios. Selain itu, kapal tanker dilarang untuk berlayar.

 

sumber: safety4sea.com/three-individuals-abducted-onboard-tanker-in-greece/


Arsip Berita