news

150 Imigran Diselamatkan di Perairan Siprus

2 Apr 2024

Penjaga Pantai Siprus berhasil mengevakuasi 150 migran di atas 3 kapal di perairan timur negara tersebut pada Senin, 1 April 2024, menyusul penyelamatan 272 orang dari kapal tidak layak sehari sebelumnya. 

 

Presiden Siprus Nikos Christodoulidis pada Selasa mengadakan pertemuan darurat Dewan Keamanan Nasional di tengah banyaknya imigran yang berupaya melakukan perjalanan dari Lebanon ke Siprus.

 

Sebelumnya pada Minggu, 272 orang yang berlayar dari Lebanon diselamatkan oleh penjaga pantai Siprus dan nelayan saat mereka melakukan perjalanan menuju pantai timur Siprus dengan lima perahu yang penuh sesak.

 

Pendaratan migran terakhir paling banyak terjadi pada 11 Maret lalu ketika 6 kapal yang membawa 458 imigran Suriah mendarat di Siprus. 

 

Sepanjang tahun ini, 2.675 migran telah mencapai Siprus, rata-rata sekitar 30 orang per hari, menurut statistik yang dikeluarkan Badan Pengungsi PBB (UNHCR).

 

Para migran yang diselamatkan pada hari Minggu dibawa ke pusat penampungan di sebelah barat ibu kota Nicosia. Empat orang yang diyakini sebagai penyelundup telah ditahan.

 

sumber: www.yahoo.com/news/cypriot-coastguard-rescues-150-migrants-160000573.html


Arsip Berita