news

Korean Coast Guard Tangkap Kapal Asing Tangkap Ikan Ilegal

3 Apr 2024

Korean Coast Guard (KCG) menangkap 5 kapal ikan berbendera China dan menahan seorang kapten kapal karena diduga melakukan giat tangkap ilegal di perairan Korea di tengah operasi untuk menekan kegiatan tersebut. 

 

KCG mengadakan patroli bersama dengan Angkatan Laut dan Kementerian Kelautan dan Perikanan dari 25 hingga 31 Maret untuk mencegah giat tangkap ikan ilegal di Laut Kuning dan zona ekonomi eksklusif (ZEE) di perairan Pulau Jeju. 

 

Sebanyak 30 unsur dan 3 pesawat udara dilibatkan dalam patroli tersebut. 

 

Dari lima kapal yang ditangkap oleh KCG, 1 kapal ditahan. 

 

KCG mendenda kapal-kapal yang ditahan sebesar $330.000 dan mengusir 58 kapal ikan lainnya karena kegiatan tangkap ikan ilegal. 

 

Dalam penangkapan tersebut, KCG menangkap basah awak kapal asal Tiongkok yang melanggar Garis Batas Utara (NLL), yang merupakan perbatasan maritim de facto antar-Korea di Laut Kuning, saat mereka menangkap ikan secara ilegal di perahu karet kecil di samping kapal penangkap ikan China yang melaporkan lebih sedikit penangkapan ikan. 

 

Sebuah kapal nelayan China juga kedapatan memasang 31 jaring ikan berukuran besar, dengan biaya 60 juta won per jaring, di perairan Pulau Jeju.

 

Alat tangkap yang dipasang di kapal China dilarang di ZEE Korea, karena memiliki ujung kecil di ujung jaring yang dapat menangkap ikan terkecil dan termuda sekalipun.

 

KCG dan Kementerian Kelautan dan Perikanan menghancurkan 20 dari total 31 jaring ikan yang dipasang oleh kapal China dan berencana untuk mengambil sisa-sisanya.

 

Menurut Penjaga Pantai, rata-rata 300 kapal China menangkap ikan secara ilegal di perairan Korea setiap harinya. Patroli oleh KCG membuat jumlahnya turun menjadi 140.

 

KCG berencana untuk menempatkan lebih banyak kapal patroli seberat 500 ton di sekitar wilayah perairan NLL di Laut Kuning untuk menekan kegiatan tangkap ikan ilegal.

 

sumber: https://koreajoongangdaily.joins.com/news/2024-04-02/national/socialAffairs/Coast-Guard-seizes-five-Chinese-vessels-for-illegal-fishing/2016485

 


Arsip Berita