news

Kapal LAAX Rusak Dalam Serangan Rudal di Laut Merah

29 May 2024

Sebuah kapal curah yang hampir tenggelam menyusul serangan rudal Houthi di lepas pantai Yaman pada hari Selasa 28 Mei 2024 telah melaporkan kerusakan lebih lanjut akibat serangan kedua, menurut Operasi Perdagangan Maritim Inggris.

 

Sumber keamanan maritim dan pelayaran pada hari sebelumnya mengidentifikasi kapal tersebut sebagai Laax yang berbendera Kepulauan Marshall.

 

Kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman telah melancarkan lebih dari 50 serangan di wilayah Laut Merah sejak November dalam apa yang mereka katakan sebagai solidaritas terhadap Palestina. Sejak saat itu, mereka telah memperluas wilayahnya ke Samudera Hindia.

 

Anggota awak kapal yang terlibat dalam serangan hari Selasa selamat dan kapal mereka melanjutkan perjalanan ke pelabuhan berikutnya di Uni Emirat Arab.

 

Kerusakan tambahan terjadi 33 mil laut barat laut Al Mukha, Yaman, kata laporan itu.

 

Kapal Laax mengeluarkan sinyal darurat pada Selasa pagi dan mengalami kerusakan pada ruang kargo dan terendam air sekitar 54 mil laut barat daya kota pelabuhan Hodeidah di Yaman, kata perusahaan keamanan Inggris Ambrey.

 

Sumber pelayaran Yunani mengatakan LAAX sedang berlayar ke pelabuhan terdekat untuk menilai tingkat kerusakan.  

 

sumber: www.reuters.com/world/middle-east/vessel-tilts-off-yemens-coast-after-attachment-by-missiles-ambrey-says-2024-05-28/


Arsip Berita