news

Bea Cukai Makassar Berhasil Gagalkan Penyelundupan Rokok Ilegal di pelabuhan Barru Sulawesi Selatan

28 Mar 2022
Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Makassar menggagalkan peredaran 1.099.800 batang rokok ilegal yang hendak masuk ke Pulau Sulawesi. Satu kurir diamankan lantaran membawa rokok ilegal itu.
Awalnya kami dapat informasi dari intelijen terkait pengiriman rokok ilegal dari Jakarta yang dimuat dalam Kapal Roro KM Dharma Rucitra VII yang tiba di Pelabuhan Barru, pihaknya lalu memeriksa kapal tersebut. Pihaknya menemukan 50 karton yang berisikan rokok tanpa dilekati pita cukai rokok tersebut bermerek Hongshuangxi dan Jinyexiang yang dikirim oleh seorang berinisial C dari Jakarta.
Diamankan seorang tersangka sebagai pengirim dari Jakarta, usai melakukan interogasi terhadap pelaku, Bea Cukai Makassar kembali mengamankan puluhan karton rokok dengan tujuan Morowali, Sulawesi Tengah dan Kendari, Sulawesi Tenggara. Jadi totalnya diamankan sekitar 110 karton rokok ilegal dengan nilai sekitar Rp 915 juta lebih
Wahyu mengungkapkan rokok tersebut diduga diimpor dari luar negeri. "Karena tulisan China semuanya,“ Saat ini, pelaku diamankan sementara di Polres Pelabuhan Makassar.

 

 

 

Pelaku dijerat Pasal 54 dan Pasal 56 Undang-Undang Nomor 39 tahun 2007 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 tahun 1995 tentang Cukai. Pelaku terancam dipidana sekitar setahun penjara (paling cepat) dan paling lama lima tahun penjara.

SUMBER : https://www.jpnn.com/news/bea-cukai-amankan-sejuta-rokok-ilegal-saat-dibuka-tulisannya-mengejutkan

Arsip Berita